Rabu, 28 September 2011

Penelitian Autekologi Judul : Pengaruh Jarak Tanam Terhadap Pertumbuhan Diameter Shorea Parvifolia Dyer. (Effect of Plant Spacing on the Diameter Growth of Shorea parvifolia Dyer.)


Jurnal ini termasuk Autekologi karena adanya suatu spesies organisme atau organisme secara individu yang berinteraksi dengan lingkungannya. Organisme yang di maksud adalah Shorea parvifolia Dyer. Dalam jurnal ini dijelaskan tentang Pengaruh Jarak Tanam Terhadap Pertumbuhan Diameter Shorea Parvifolia Dyer.

Berdasarkan penelitian yang di lakukan dapat dinyatakan bahwa pengaturan jarak tanam berpengaruh terhadap besarnya intensitas cahaya dan ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan bagi tanaman. Semakin lebar jarak tanam, semakin besar intensitas cahaya dan semakin banyak ketersediaan unsur hara bagi individu tanaman, karena jumlah pohonnya lebih sedikit. Sebaliknya semakin rapat jarak tanam semakin banyak jumlah pohonnya dan persaingan semakin ketat. Namun, tidak berpengaruh secara statistik terhadap diameter S. parvifolia umur lima tahun, tetapi diameter yang dicapai ada kecenderungan semakin lebar jarak tanam diameternya cenderug lebih besar dibanding dengan jarak tanam yang rapat. Hal ini menunjukkan adanya kesinambunagn antara lingkungan dengan pertumbuhan diameter Shorea Parvifolia Dyer. Riap diameter Shorea parvifolia Dyer. berkisar antara 1,28 cm/th -1,71 cm/th. Jarak tanam tidak berpengaruh nyata terhadap riap diameter S. parvifolia pada umur satu, dua, dan tiga tahun, tetapi berbeda sangat nyata pada umur empat dan lima tahun. Perlakuan jarak tanam 1 m x 1 m (A); 1,5 m x 1,5 m (B); 2 m x 2 m (C); dan 3 m x 3 m (D), riap diameter yang dicapai berturut-turut 1,35 cm/th, 1,46 cm/th. 1,46 cm/th, dan 1,78 cm/th.  Semakin lebar jarak tanam, riap diameter cenderung meningkat dan akan lebih nyata setelah berumur empat tahun dan seterusnya, dan sebaliknya semakin rapat jarak tanam riapnya semakin menurun


usya_bio@yahoo.com 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pages

About

Recent comments

© Copyright 2011 Biologi Be Excellent Template design by sarju
Diberdayakan oleh Blogger.