Kamis, 13 Oktober 2011

Biografi Jean Baptiste Lamarck

Nama  : Jean-Baptiste Pierre Antoine de Monet, Chevalier de Lamarck
Lahir  : 1 Agustus 1744 di desa Bazentin-le-Petit di utara Perancis. Anak ke 11 dari sebelas bersaudara. Tradisi keluarga dinas militer, ayahnya dan beberapa saudara-saudaranya adalah tentara.
Meninggal : Paris, 18 Desember 1829 pada umur 85 tahun.

Jejak hidup Jean Baptiste Lamarck
Tahun  1756 :  Memasuki seminari Jesuit di Amiens
Tahun 1761 : Bergabung dengan kampanye tentara Perancis di Jerman pada musim  panas pertempuran pertama, ia membedakan dirinya untuk keberanian di bawah api dan dipromosikan menjadi perwira.
Tahun 1763 : Bertugas garnisun di selatan Prancis, selama lima tahun sampai ckecelakaan memaksanya untuk meninggalkan         tentara.
Tahun 1778  : Bukunya tentang tanaman Prancis, Flore française, diterbitkan dan diangkat seorang ahli botani asisten di kebun botani kerajaan, Jardin des Plantes.
Tahun 1781  : Menjadi  guru bagi anak Buffon
Tahun 1793 : Menjadi asisten di Jardin du Roi, hidup dalam kemiskinan (dan harusmempertahankan pekerjaannya dari pemotongan biaya birokrat di MajelisNasional) dengan gaji rendah.Pada tahun ini juga, Jean Baptiste Lamarckdiangkat sebagai profesor reegenerasi dari sejarah alam serangga dan cacing (yaitu, dari semua invertebrata).
Tahun 1809  : Philosophie zoologique, diterbitkan dan  jelas menyatakan teori evolusi Lamarck.
Tahun 1815 : Volume pertama dari Histoire des Animaux naturelle sans vertèbres diterbitkan dan volume kedua pada 1822.
Tahun 1818   :  Jean Baptiste Lamarck mengalami kehilangan penglihatan (buta).
           
Jean Baptiste Lamarck adalah seorang ahli biologi dari Perancis yang membuat suatu teori mengenai makhluk hidup yang sederhana dengan yang modern mamiliki suatu hubungan asal-muasal. Teori Lamarck dikenal dengan paham "use and disuse" dari buku Philosophie Zoologique yang sudah tidak dapat diterima alias gagal.
Dalam bukunya lamarck menjelaskan teorinya dengan inti sari sebagai berikut di bawah ini :
1. Makhluk hidup sederhana adalah nenek moyang dari makhluk hidup yang sempurna / modern dengan tingkat kompleksitas yang tinggi.
2. Makhluk hidup akan senantiasa beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya dengan menggunakan organ tubuhnya.
3. Organ tubuh yang sering dipakai atau digunakan akan berkembang ke taraf yang lebih baik, sedangkan organ yang jarang ataupun yang tidak pernah digunakan akan menghilang.
4. Perubahan organ tubuh akan diwariskan dan diturunkan ke generasi berikutnya atau keturunannya.

Contoh yang digunakan lamarck untuk memperkuat teorinya adalah pada binatang / hewan menjangan. Pada awal mula ceritanya menjangan tidak punya tanduk. Tetapi karena kepalanya sering digunakan untu beradu kepala antara menjangan yang satu dengan yang lain, maka tumbuh tanduk panjang. Semakin sering beradu pala, semakin panjang tanduknya.




Refrensi :




4 komentar:

  1. kenapa lamark menggunakan binatang / hewan untuk memperkuat teorinya?

    BalasHapus
  2. apa yang paling anda kagumi dari sosok tokoh ini?

    BalasHapus
  3. bagaimana dengan teorinya yang menyebtkan asl mula mengapa jerapah memilki leher yang panjang??? apakah hal tersebut benar menurut anda???

    BalasHapus
  4. iin : hewan merupakan makhluk hidup yang mudah di amati perkembangannya. jadi, itu memudahkan Lamarck untuk mengokohkan teorinya.
    dunia seMua alam : kegigihan dan ketekunannya dalam mengembangkan diri dan pengetahuannya.
    my nature : tidak, karena pada dasarnya leher panajang jerapah memang panjang bukan karena kebiasaannya.

    BalasHapus

Pages

About

Recent comments

© Copyright 2011 Biologi Be Excellent Template design by sarju
Diberdayakan oleh Blogger.