Jumat, 16 Desember 2011

Refleksi Ke-3

Kelompok 5 “ Lingkungan Abiotik dan Biotik”
Dari hasil presentasi dan diskusi yang dilakukan oleh kelompok ini dapat diketahui bahwa tanah merupakan lahan yang bisa digunakan sebagai media tanam tempat berkembangnya perakaran dan penyuplai air. 
Tanah terdiri dari unsure pokok yaitu,:
Ø    padatan,
Ø     cairan, dan
Ø   gas
Tekstur  tanah
*      Pasir :  diameter 2,00- 0,20 mm,
*      Debu : diameter 0,20 – 0,002 mm,
*      Tanah : diameter < 0,002 mm, dan
*       kerikil (grave) : diameter > 2 mm.
Selain hal itu, tanah juga memiliki berbagai kumpulan lapisan tanah (Profil Tanah), yaitu :


Dengan adanya lapisan-lapisan tanah ini mempengaruhi terhadap kesuburan tanah, karena semakin dalam lapisan tanah maka semakin sedikit adanya mikroorganisme yang terkandung dalam tanah. Mikroorganisme juga memiliki hubungan dengan tanah yakni dalam menyuburkan tanah dan membantu dalam pertumbuhan tanaman yang di tanam di tanah tersebut. Menurut hasil diskusi pada presentasi ini, semakin dalam lapisan tanah maka semakin sedikit mikroorganisme yang ada pada tanah sehingga tanaman yang ditanam terlalu dalam akan menglami penghambatan dalam pertumbuhannya karena tidak adanya mikroorganisme yang membantu dalam menguraikan zat-zat hara tanah. Hal ini mengakibatkan tingkat kesuburan tanah juga menurun. Jadi, disarankan dalam menanam tanaman agar tidak terlalu dalam agar menghasilkan tanaman yang baik.
Dalam lingkungan biotik (lingkungan hidup) terjadi interaksi diantaranya : manusia dengan tumbuhan, tumbuhan dan hewan dalam komunitas, dan tumbuhan dalam komunitas. Salah satu contoh yang disebutka dalam diskusi ini yaitu interaksi tumbuhan dalam komunitas yaitu misalnya “ Tumbuhan Alang-Alang”. Disekitar alang-alang biasanya tidak ditumbuhi oleh tumbuhan lain karena terhalang oleh adanya zat alelopati yang dimiliki oleh alang-alang sehingga tumbuhan lain tidak dapat tumbuh disekitarnya.

Kelompok  6 “Populasi”
Hal yang dapat saya peroleh dari kelompok ini  meliputi beberapa hal sebagai beriktu :
  •   Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang hidup pada suatu daerah dan waktu tertentu, contonhya : populasi ikan misalnya di suatu rawa seperti tampilan video yang ditampilkan kelompok ini.
  •   Karakteristik populasi  meliputi ; kepadatan populasi, natalitas (kelahiran), mortalitas (kematian), distribusi  terbagi dalm 3 aspek (distribusi umur, distribusi populasi, dan distribusi spasial).
               Menurut kelompok ini dinyatakan bahwa semakin meningkatnya laju kelahiran maka semakin meningkat pula laju kemtian karena terjadinya persaingan antara spesienya dalam hal mempertahankan hidupnya.  Saya sependapat dalam hal ini, jika di contohkan dalam suatu po[ulasi ikan di kolam saja apabila kelahiran ikan itu banyak maka bukan tidak mungkin lagi antara ikan yang satu dengan yang lainnya akan mengalami persaingan dalam mendapatkan makan misalnya. Jika ikan itu bisa cepat mendapatkan makanan maka ia akan mampu bertahan hidup, namun jika sebaliknya maka ia akan tersingkirakan (mati). Hal ini tidak hanya terjadi pada ikan tapi, kalau kita bisa mencermati kehidupan manusia saja  telah terjadi persaingan ketat dalam mendapatkan kebutuhan dalam hidupnya karena banyaknya populasi manusia. Hal ini terlihat dengan adanya kasus-kasus penyakit yang menimpa manusia seperti halnya busung lapar dan sebagainya, ini merupakan suatu pertanda bahwa terjadinya persaingan antar manusia. Hubungannya dengan materi ini yaitu jika hal ini dibiyarkan maka akan berdampak kematian bagi pendertitanya. 
  • Penyebaran populasi dapat terjadi karena adanya penyebaran endemik (gejala yang dialami suatu organisme dalam suatu tempat ) dan kompolit. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi terhadap penyebaran ini yaitu ; suhu, curah hujan, dan jenis tanah serta topografi.
  • Pertumbuhan eksponensial suatu populasi dapat terjadi jika pada tempat tersebut tidak ada persaingan dan  tidak adanya faktor pembatas yang dapat menghambat pertumbuhannya.

Inilah hasil diskusi dari kelompok ini yang dapat saya ringkas ……. Dari kedua kelompok ini.

2 komentar:

  1. mengapa topologi dapat menjadi faktor yang mempengaruhi terhadap penyebaran?

    BalasHapus
  2. Bukan topologi mb' tapi... topografi ini berpengaruh pada penyebaran karena topografi itu sendiri kan bentuk permukaan tanah. jadi,,, berpengaruh dlam penyebaran karena ketinggian dan kemiringan tanah ini berpengaruh terhadap tersedianya air sehingga penyebaran populasi pun terjadi.

    BalasHapus

Pages

About

Recent comments

© Copyright 2011 Biologi Be Excellent Template design by sarju
Diberdayakan oleh Blogger.